PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAHKLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN MELALUI WHATSAPP INTERAKSI GROUP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Listiyati Listiyati
Keywords:
Hasil Belajar, Materi Ciri-ciri, Makhluk Hidup, Metode Penugasan WhatsApp

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Ciri-ciri Dan Kebutuhan Mahkluk Hidup dengan metode Penugasan WhatsApp. Metode penelitian ini dengan kualitatif dan kuanitatif waktu penelitian selama 3 bulan mulai bulan Agustus sampai bulan Oktober 2021. Siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa dengan 11 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan spiral. Dalam pelaksanaan tindakan ada dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tingkat ketuntasan siswa mencapai rata-rata kelas 75. Hasil penelitian tindakan di SD Negeri 1 Sentolo menggunakan metode penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 67,5. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 85,0.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
ListiyatiL. (2022, September 30). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAHKLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN MELALUI WHATSAPP INTERAKSI GROUP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(9), 1228-1235. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5310

STATISTICS

Abstract viewed = 224 times
PDF downloaded = 105 times