PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SD NEGERI 1 PENGASIH KAPANEWON PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO
IHT, Penilaian Pengetahuan, Kompetensi Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian pengetahuan melalui In House Training. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Objek dalam penelitian ini adalah IHT, Instrumen Penilaian Pengetahuan, dan Hasil Belajar Siswa, sedangkan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I sampai dengan kelas VI SD Negeri 1 Pengasih Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen Monitoring Pelaksanaan IHT, Instrumen Penilaian Peserta, Instrumen Monitoring Kinerja Peserta, Instrumen Penilaian Penyusunan Penilaian Pengetahuan, dan Instrumen Penilaian Butir Soal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) IHT dapat mempengaruhi kompetensi guru kelas dalam menyusun instrumen penilaian pengetahuan di SD Negeri 1 Pengasih. 2) IHT dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian pengetahuan di SD Negeri 1 Pengasih. 3) Kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian pengetahuan yang meningkat dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Pengasih.