UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS VIIIA SMPN 4 SAMIGALUH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Materi Peluang
Abstract
Sebagian besar siswa SMP Negeri 4 Samigaluh khususnya kelas VIIIA menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan sangat membosankan. Hal ini juga mempengaruhi turunnya motivasi belajar, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan diawali kegiatan pra penelitian, kemudian kegiatan siklus satu dan siklus dua. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data obsernvasi dilakukan dengan melihat keaktifan sisiwa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik. Persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 15,63% pada pra penelitian meningkat menjadi 46,88% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Secara keseluruhan penerapan model Discovery Learning telah mampu meningkatkan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Samigaluh.