PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN YOU TUBE

  • Ari Suryono
Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Video Pembelajaran You Tube

Abstract

Pengkajian matematika pada materi mengubah berbagai bentuk pecahan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sentolo tahun ajaran 2021/2022 rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi merubah berbagai bentuk pecahan melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian berlangsung selama dari bulan Agustus sampai Oktober 2021. Subjek siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sentolo yang berjumlah 17 siswa dengan 7 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan spiral. Dalam pelaksanaannya terdapat 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tingkat kelulasan siswa apabila mencapai rata-rata kelas 75. Hasil penelitian tindakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sentolo menggunakan metode demonstrasi dengan 2 pertemuan tiap siklus mengalami kenaikan pada hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas 66,6 meningkat menjadi 67,5 setelah tindakan siklus I sedangkan tindakan siklus II hasil belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus I yaitu nilai rata-rata kelas 84,1.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-30
How to Cite
SuryonoA. (2022, August 30). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN YOU TUBE. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(8), 1170-1175. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5303

STATISTICS

Abstract viewed = 234 times
PDF downloaded = 135 times