PENERAPAN TUTOR SEJAWAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD NEGERI KEMUKUS TAHUN 2021
Kemampuan Guru, Pembelajaran Jarak jauh, Tutor Sejawat
Abstract
Guru merupakan faktor yang dominan dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Proses pembelajaran berkualitas ditentukan oleh rancangan maupun konsep belajar yang matang, mulai dari pengembangan kurikulum meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan penilaian. Kenyataan yang ada kemampuan mengajar guru masih perlu ditingkatkan. Apalagi kondisi saat ini masih berada pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan pemerintah mengambil kebijakan untuk penyelenggaraan pembelajaran dengan cara Belajar Dari Rumah (BDR) atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kemampuan guru memperbaiki proses pembelajaran jarak jauh yaitu keterampilan mengelola pembelajaran sesuai dengan tuntutan kebutuhan peserta didik, dan 2) menerapkan tutor sejawat dalam perbaikan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan model Kemmis dan Targart. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus tindakan, dan masing-masing siklus dengan 2 kegiatan. Data dikumpulkan menggunakan menggunakan angket dan lembar observasi. Data dianalisis dengan analisis diskriptif kualitatif. Penyimpulan dengan proses pelaksanaan tutor sejawat, proses penyusunan RPP, dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh oleh guru lewat whatsapp group. Data penelitian diperoleh melalui angket dan observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penyimpulan menggunakan ketercapaian indikator yaitu 85% guru mampu dalam pembelajaran jarak jauh dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan tutor sejawat dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Kemukus Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Penerapan tutor sejawat meningkatkan hingga 85% guru mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 85 % mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 2) tutor sejawat dilakukan dengan tahapan temu awal, observasi, dan temu akhir.