PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA 2 SMK NEGERI I SAMBI

  • Suhartono Suhartono
Keywords:
Media Kartu Kata, Menulis Puisi, Pembelajaran Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa. Secara khusus penerapan dari pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media “Kartu Kata” dalam pembelajaran menulis puisi. Media yang digunakan ini adalah media “Kartu Kata”. Berdasarkan uraian penelitian ini dapat diperoleh pada satu kesimpulan, bahwa penggunaan media kartu kata ternyata dapat meningkatkan keantusiasan, keseriusan, dan kerjasama bagi para siswa. Dengan menggunakan media tersebut dapat memperoleh hasil yang lebih baik, maka perlu adanya media pembelajaran. Hasil penelitian, pada kondisi awal hanya 1 siswa yang tuntas. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas (57,14%). Pada siklus II, tingkat ketuntasan mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 33 anak yang tuntas (94,28%). Jumlah siswa yang memenuhi KKM juga meningkat menjadi 33 siswa. Jadi dapat disimpulkan dalam penelitian tindakan kelas ini, penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan belajar puisi pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-30
How to Cite
SuhartonoS. (2022, August 30). PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA 2 SMK NEGERI I SAMBI. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(8), 1140-1145. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5300

STATISTICS

Abstract viewed = 157 times
PDF downloaded = 87 times