UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SALAMREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Model PBL, Hasil Belajar, Materi Gaya
Abstract
Hasil pembelajaran Kelas IV SD Negeri Salamrejo materi masih rendah. Dari 27 siswa, 9 siswa (33%) mendapatkan nilai di bawah KKM dan 18 siswa (67%) mencapai nilai diatas KKM. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya melalui Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salamrejo. Subyek penelitian semua siswa kelas IV SD Negeri Salamrejo sebanyak 27 anak terdiri dari laki-laki 8 siswa dan perempuan 19 siswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Pelaksanaan tindakan perbaikan melalui pembelajaran model PBL dalam dua siklus dimana setiap siklus terdapat dua pertemuan. Data kualitatif hasil observasi peneliti pada siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Data kualitatif berupa informasi dalam bentuk narasi yang memberikan gambaran tentang keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, dianalisis secara diskriptif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan mencari rerata nilai siswa dan prosentase keberhasilan belajar setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salamrejo. Peningkatan hasil belajar IPA diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata-rata nilai siswa materi gaya pada kondisi awal (pra-siklus) 58,33 dengan ketuntasan klasikal 33% (9 siswa) dari 27 siswa yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Rata-rata nilai siswa materi gaya pada siklus I sebesar 72,33 dengan ketuntasan klasikal 56% (15 siswa) dari 27 siswa yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Rata-rata nilai siswa materi gaya pada siklus II sebesar 86,85 dengan ketuntasan klasikal 100% (27 siswa) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Dengan demikian, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model Problem Based Learning (PBL) materi gaya pada siswa kelas IV SD Negeri Salamrejo Tahun Pelajaran 2021/2022 dinyatakan berhasil.