MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN RPP MODEL PROYEK MELALUI COACHING DI SD NEGERI PUCANGGADING
Pembimbingan RPP, Model Proyek, melalui Coaching
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan bahwa guru SD Negeri Pucanggading masih mengalami kesulitan dalam pengembangan RPP model proyek. RPP yang disusun belum melengkapi komponen materi pokok, belum melampirkan perangkat penilaian, dan langkah kegiatan pembelajarannya belum menggunakan model pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan RPP model proyek dan mendeskripsikan langkah-langkah Coaching yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan RPP model proyek. Prosedur penelitian yang digunakan penulis meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan pelaksanaan tindakan, dan diakhiri dengan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Perencanaan siklus ke dua berdasarkan hasil refleksi yang diperoleh setelah pelaksanaan siklus pertama. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Penelitian ini menekankan pada pengembangan RPP model proyek. Data penelitian diambil menggunakan lembar pengamatan. Kegiatan ini antara lain: pelaksanaan pembimbingan dengan teknis Coaching, hasil pembimbingan berupa RPP, dan pelaksanaan presentasi oleh guru. Kepala sekolah melakukan pembimbingan dengan model Coaching. Kegiatan pengembangan RPP ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu kegiatan pengembangan RPP, kemudian dilanjutkan pada pertemuan berikutnya untuk mempresentasikan RPP. Hasil pengembangan RPP pada siklus pertama adalah proses pembelajarannya belum sepenuhnya menggunakan pendekatan pembelajaran model proyek. Kepala sekolah melaksanakan pembimbingan lagi pada siklus kedua. Hasil pengembangan RPP pada siklus ini proses pembelajarannya sudah semuanya menggunakan pendekatan model proyek. Kesimpulannya melalui pembimbingan model Coaching dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan RPP model proyek di SD Negeri Pucanggading pada tahun 2021.