PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HOREY DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA ASLI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BUNYI KELAS IV SDN 02 JETIS SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Prestasi belajar, Model Course Review Horey, Media benda asli
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horey dengan penggunaan media benda asli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bunyi kelas IV SDN 02 Jetis semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 02 Jetis Kecamatan Jaten sebanyak 34 siswa. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas, dilakukan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Validitas data menggunakan key respondents review dan expert opinion. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus sampai September 2018. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode Course Review Horey dan media benda asli pada siswa penerapan model pembelajaran Course Review Horey dengan penggunaan media benda asli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bunyi kelas IV SDN 02 Jetis semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan 1) Adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap tahapan, yaitu pratindakan 9 (26%), siklus pertama 19 (56%) dan siklus kedua 28 (82%) siswa yang tuntas. 2) Adanya peningkatkan nilai rerata prestasi belajar siswa dalam setiap tahapan, yaitu pratindakan 52,9 pada siklus pertama menjadi 71,3 dan siklus kedua adalah 80,1.