UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEAKSARAAN AWAL MELALUI METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MANGUNHARJO I TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Hasil Belajar, Keakasaraan, Metode bermain, Kartu Kata Bergambar
Abstract
Penelitian ini berdasarkan atas kondisi nyata rendahnya kemampuan mengenal keaksaraan awal anak didik Pada Kelompok B TK Dharrma Wanita Mangunharjo I Jatipurno Tahun Pelajaran 2017/2018 khususnya pada kegiatan membedakan suku kata awal dan guru yang belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Proses Hasil Belajar Keaksaran Awal Melalui Metode Bermain Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Mangunharjo I Tahun Pelajaran 2017 / 2018. (2) Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Keaksaran awal melalui metode bermain kartu kata bergambar Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Mangunharjo I Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui tahap-tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode dalam penelitian ini adalah deskripstif komparatif yaitu membandingkan data kualitatif mulai dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan proses pembelajaran mengenal keaksaraan awal yang pada kondisi awal hanya 25% menjadi 83% pada akhir siklus, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 58% pada akhir siklus. Simpulan yang didapat dari penelitian dan perbaikan yang telah dilaksanakan terbukti bahwa: (1) Ada peningkatan proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain kartu kata bergambar untuk meningkatkan hasil belajar mengenal keaksaran awal pada siswa kelompok B TK Dharma Wanita Mangunharjo I Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Ada peningkatan kemampuan mengenal keaksaran awal melalui metode bermain kartu kata bergambar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Mangunharjo I Tahun Pelajaran 2017/2018.