PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-2 SMAN 1 KANDAT KABUPATEN KEDIRI PADA PELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Pelajaran Kimia, Prestasi belajar, Active Knowledge Sharing
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA-2 SMAN 1 Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2019/2020 Semester 2 pada pelajaran Kimia materi elektrolit /non elektrolit dengan menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Desain penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan metode ini adalah dimulai dari guru menjelaskan singkat materi dilanjutkan dengan membentuk kelompok pada siswa. Siswa diberi pertanyaan dan dikerjakan secara individu. Kemudian siswa dipersilahkan bertanya pada teman satu kelompoknya. Siswa ditekankan untuk saling membantu. Setelah selesai guru dan siswa bersama membahas pertanyaan tersebut. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat 75% siswa yang lolos KKM. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 55% (19) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 69% (24) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus II terdapat 83% (29) siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 83% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM.