STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMP NEGERI 2 GIRIMULYO

  • Haryata Haryata
Keywords:
Strategi kepala Sekolah, PPDB

Abstract

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang bersifat fluktuatif mendorong kepala sekolah untuk melakukan inovasi dan formulasi terhadap strategi pemasaran lembaga pendidikan sekolah. Strategi marketing pendidikan yang diterapkan diharapkan mampu meningkatkan rekrutmen siswa baru di SMP Negeri 2 Girimulyo Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data model Milles dan Hubberman, yaitu dengan langkah-langkah; pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi kepala sekolah sangat efektif untuk meningkatkan target PPDB, yaitu meningkatkan kedisplinan guru, staf TU dan siswa, gratis biaya pendaftaran dan beasiswa, membentuk tim work, pemetaan target promosi, bekerja sama dengan stake holder sekolah, bekerja sama dengan SD sekitar, menerapkan sistem jemput bola, dan publikasi melalui media cetak maupun elektronik. (2) hasil dari strategi kepala sekolah mampu meningkatkan jumlah PPDB sebesar 49% pada tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 94 siswa dan 2020/2021 sejumlah 83 siswa. Sedangkan hasil PPDB pada tiga tahun sebelumnya pencapaiannya masih rendah, yaitu Tahun Pelajaran 2019/2020 sejumlah 79 siswa, 2018/2017 sejumlah 66 siswa, 2017/2018 sejumlah 63 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-30
How to Cite
HaryataH. (2022, August 30). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMP NEGERI 2 GIRIMULYO. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(8), 1070-1077. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5290

STATISTICS

Abstract viewed = 168 times
PDF downloaded = 228 times