MENINGKATAN KETRAMPILAN MENDESAIN GREETING CARD MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI CANVA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP N 2 NANGGULAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022
Greeting Card, Keterampilan, Mendesain, Aplikasi canva
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan proses pembelajaran pada komptensi dasar menyusun teks khusus dalam bentuk Greeting Card, sangat pendek dan sederhana, terkait hari-hari spesial, (2) meningkatkan kemampuan ketrampilan siswa dalam mendesain Greeting Card, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku dalam proses pmbelajaran menyusun Greeting Card sangat pendek dan sederhana melalui pemanfaatan aplikasi canva. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran yang serumpun. Tahapan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi (1) perencanaan,(2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik klas VIIIC SMP N 2 Nanggulan kabupaten Kulon Progo semester gasal tahun pelajaran 2021 / 2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan peserta didik dalam kompetensi mendesain Greeting Card menggunakan aplikasi canva dari 49,2% ( kategori kurang) menjadi 71% (kategori cukup) pada peserta didik klas VIIIC SMP N 2 Nanggulan kabupaten Kulon Progo semester gasal tahun pelajaran 2021/ 2022. Demikian juga terjadi peningkatkan perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran pada kompetensi dasar menyusun teks khusus dalam bentuk Greeting Card, sangat pendek dan sederhana, terkait hari-hari spesial. Perubahan perilaku peserta didik ke arah positif, selain itu meningktkan nilai nilai karakter peduli, tanggung jawab dan kerjasama.