PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI NUMERASI MELALUI IN HOUSE TRAINING MODEL IN ON DI SMP NEGERI 1 KALIBAWANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Kompetensi guru, RPP, Literasi numerasi, In House Training
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis literasi dan numerasi melalui In House Training model In-On. (2) Mendiskripsikan langkah-langkah pelaksanaan IHT model In-On untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis literasi dan numerasi di SMP Negeri 1 Kalibawang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yg dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru mipa dan bahasa pada SMPN 1 Kalibawang yang berjumlah 9 guru. sedangkan obyek dari penelitian adalah Kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis Literasi dan Numerasi. Metode dan rancangan penelitian ini mencakup kegiatan (1)Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi (4) Refleksi atau Evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar observasi prasiklus, lembar observasi keaktifan guru dalam melaksanakan kegiatan IHT, dan lembar observasi kemampuan guru dalam penyusunan RPP berbasis literasi dan numerasi. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP berbasis literasi dan numerasi di SMPN 1 Kalibawang pada semerter 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi seluruh kegiatan, guru yang mengikuti kegiatan In House Training pada kemampuan awal baru mencapai rata-rata 62,5% dengan kriteria cukup. Setelah mengikuti kegiatan ini selama 4 (empat) bulan yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus masing masing siklus dengan model in on maka kesembilan guru SMP Negeri 1 Kalibawang dapat meningkat kemampuannya menjadi 82,5% dan sudah diatas pencapaian indikator keberhasilan minimal 75%. Kenaikan kemampuan guru dalam penyusunan RPP berbasisi literasi dan numerasi melalui pelatihan In House Training sebesar 20% dan sangat signifikan.