PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PENEMUAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIIC SMP NEGERI 1 KALIBAWANG
Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran, Discovery Learning
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi peningkatan aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang dilaksanakan pada kompetensi dasar Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIC SMP Negeri 1 Kalibawang, tepatnya pada bulan Januari hingga April tahun 2022 pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus pertama pada materi Organisasi Kehidupan (Sel–Jaringan), sedangkan siklus kedua pada materi Organ, Sistem Organ dan Organisme. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus-1, model pembelajaran Discovery Learning menghasilkan nilai keaktifan belajar siswa dengan kategori kurang aktif yaitu dengan skor rata-rata 58,98 dengan hanya 6 siswa yang aktif (18,75%) dan hasil penilaian pemahaman konsep dengan skor rata-rata 70,31. Hasil pada siklus-2 menunjukkan kenaikan yang signifikan karena jumlah siswa yang aktif naik sebanyak 23 siswa. Kenaikan jumlah siswa yang aktif sebesar 71,875% yaitu dari 18,75% menjadi 90,625%. Sedangkan kenaikan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar yaitu 18,78 dari 58,98 menjadi 77,76. Sedangkan hasil penilaian pemahaman konsep mengalami kenaikan sebesar 11,25, yaitu dari rata-rata 70,31 menjadi rata-rata sebesar 81,56. Hasil pembelajaran model Discovery Learning terbukti mampu membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas belajarnya.