PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OTAK ATIK OTAK (OAO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA PENDAMPINGAN DI SDNEGERI 2 BALONG KAPANEWON SAMIGALUH TAHUN 2021/2022
Model Pembelajaran Otak Atik Otak (OAO), Pendampingan, Kemampuan Guru
Abstract
Perbaikan kinerja guru terkait dengan proses pembelajaran melalui pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Otak Atik Otak (OAO) pada guru SD Negeri 2 Balong, Samigaluh kabupaten Kulon Progo. Langkah yang digunakan peneliti melalui pendampinganini menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun langkah-langkah perbaikannya berdasarkan dengan metode/prosedur penelitian yaitu dilakukan berdasarkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 2 Balong, Samigaluh kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 5 orang. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Otak Atik Otak (OAO) dalam pembelajaran matematikan materi perkalian. Hasil observasi awal mutu praktek pembelajaran yang dilakukan guru masih banyak kekurangan terlihat pada tabel di atas skor rata-rata adalah: 2,36; presentase mencapai 47,14%; kategori “Tidak baik” sehingga dilakukan tindakan penelitian yang hasilnya siklus I pertemuan 1 terbukti pada perolehan skor rata-rata mencapai; 2,84; prosentase 58,80%; kategori “Kurang memuaskan”. Siklus I pertemuan 2 hasil cukup memuaskan, terbukti pada perolehan skor rata-rata mencapai; 4,21; prosentase 84,27%; kategori “Cukup Memuaskan”. Siklus II pertemuan 1 hasil observasi di peroleh data kemampuan guru dalam menggunakan model OAO; setelah dilakukan tindakan observasi di peroleh skor rata-rata; 4,47; pesertase mencapai; 89,33, Sedangkan siklus II pertemuan 2, kemampuan guru menggunakan model OAO pada pembelajaran matematika hasil observasi skor rata-rata mencapai 4,81; presentase mencapai 96,27%. Demikian model Otak Atik Otak (OAO) memiliki dampak yang signifikan bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran matematika.