PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA MENUJU MASYARAKAT SEHAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KADUNGREJO KECAMATAN PENGASIH TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

  • Kasinem Kasinem
Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran tematik, Project Based Learning

Abstract

Pada pembelajaran tematik tema Menuju Masyarakat sehat subtema Masyarakat Sehat Negara Kuat di kelas VI SD N Kedungreja didapatkan fakta bahwa hasil belajar siswa di kelas tersebut masih sangat rendah. Siswa kelas VI SD Kedungreja tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh bahwa jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 1 orang siswa atau 12,5% sedangkan siswa yang masih di bawah KKM 7 orang siswa atau 87,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada tema Menuju Masyarakat Sehat Sub tema Masyarakat Sehat Negara Kuat melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VI SD Negeri Kedungreja Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Arikunto, 2002: 83), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terjadi peningkatan dari Pra Siklus 1 atau 12,5 % siswa tuntas belajar, Siklus I 4 atau 50% siswa tuntas belajar, dan Siklus II 7 atau 87,5% siswa tuntas belajar. Peningkatan ketuntasan belajar setiap siklus ada persamaan yaitu pra siklus 12, 5% ke siklus I 50 % mencapai 37,5%, dan peningkatan siklus I 50% ke siklus II 87,5 % adalah 37,5 %. Pencapaian nilai terendah dan tertinggi juga mengalami kenaikan. Nilai terendah pada pra siklus nilai 30, siklus I nilai 40 dan siklus II nilai 60. Selanjutnya perolehan nilai tertinggi juga mengalami peningkatan pada pra siklus nilai 80, siklus I nilai 85 dan siklus II nilai 90. Dengan demikian hasil penelitian menyatakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar tema 6 kelas VI SD Negeri Kedungreja, Pengasih, Kulon ProgoTahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30
How to Cite
KasinemK. (2022, July 30). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA MENUJU MASYARAKAT SEHAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KADUNGREJO KECAMATAN PENGASIH TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(7), 1016-1023. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5285

STATISTICS

Abstract viewed = 103 times
PDF downloaded = 167 times