PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 KALIBAWANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Aktivitas belajar, Matematika, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Pembelajaran kooperatif
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo Tahun Pelajaran 2021/2022,dilaksanakan pada komptensi dasar Mengkaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi,persegi panjang, belah ketupat,jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga. Penelitian dilaksanakan di kelas VII B SMP Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo, tepatnya pada bulan Februari sampai April pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus pertama pada materi persegi, persegi panjang, jajar genjang, dan trapesum, sedangkan siklus kedua pada materi layang-layang,belah ketupat dan segitiga. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar matematika untuk tiap siklus, yaitupada pra penelitian keaktifan belajar sebesar 58,07%,meningkat menjadi 71,23% pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,27. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan juga yaitu pada pra penelitian sebesar 57,34, pada siklus I meningkat menjadi 65,18 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,39.