MENINGKATKAN AKTIVITAS KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL JOYFULL LEARNING PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 KALIBAWANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Nurhadi Nurhadi
Keywords:
Aktifitas, Kolaborasi, Joyfull Learning, Kerjasama, Berpasangan

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui apakah model pembelajaran Joyfull Learning dapat meningkatkan aktifitas kolaborasi atau kerjasama siswa. Joyfull Learning mengandung pengertian yaitu proses pembelajaran yang menyenangkan, sedangkan aktifitas kolaborasi yaitu kegiatan yang dapat menciptakan aktifitas menjalin kerjasama antar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas IXC SMP Negeri 1 Kalibawang selama 4 bulan yaitu bulan Januari s.d. April 2022 pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus 1 pada materi perdagangan internasional dan ekonomi kreatif menggunakan metode kertas berpasangan (matching), sedangkan siklus 2 pada materi pasar bebas dan organisasi pasar bebas dunia menggunakan metode pesawat kertas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus-1 dan 2, model pembelajaran dengan Joyfull Learning diperoleh data. (1) sebesar 13 % ada peningkatan dari siklus 1 dan ke 2 yaitu siswa merasa semakin termotivasi untuk menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan teman. (2) ada peningkatan suasana pembelajaran yang menyenangkan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 9%, serta siswa merasakan suasana yang berbeda lebih hidup. (3) pembelajaran yang menyenangkan ( Joyfull Learning) dengan jenis kertas berpasangan dan pesawat kertas dapat menginspirasi siswa untuk dapat meningkatkan kerjasama, dibuktikan dengan peningkatan sebesar 33 %. (4) selama pembelajaran berlangsung siswa merasa senang dan seru sehingga waktu pertemuan 2 jam pelajaran terasa sebentar. Hal ini ditunjukkan dengan 12 % siswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan Joyfull Learning lebih seru dan menyenangkan dari biasanya. Hasil pembelajaran model Joyfull Learning terbukti mampu membantu siswa dalam meningkatkan aktifitas kolaborasi dan juga menaikkan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 16% dari suklus 1 ke siklus 2. Siswa mampu menunjukkan keaktifannya bekerjasama mencari pasangan yang cocok sehingga tercipta kolaborasi yang lebih menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30
How to Cite
NurhadiN. (2022, July 30). MENINGKATKAN AKTIVITAS KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL JOYFULL LEARNING PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 KALIBAWANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(7), 990-998. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5283

STATISTICS

Abstract viewed = 319 times
PDF downloaded = 220 times