UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B - 1 TK CAHYA PATRIA PATI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Kemampuan berbicara, Metode bercerita, Buku cerita bergambar
Abstract
Latar belakang penelitian dilakukan adalah pembelajaran bidang pengembangan bahasa dalam kemampuan berbicara dengan kegiatan bercerita yang merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih keberanian, menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan anak untuk mengungkapkan pendapat/gagasan pada saat menceritakan pengalaman sehari-hari dan menceritakan isi cerita dengan berbicra lancar. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian tentang peningkatan kemampuan berbicara melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar pada kelompok B TK Cahya Patria Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dari Penelitian: 1) untuk meningkatkan kemampuan berbicara lancar dengan kegiatan bercerita. 2) Untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dalam mengungkapkan pendapat, pesan dalam cerita. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B - 1 TK Cahya Patria Pati tahun pelajaran 2019/2020. Berjumlah 16 anak terdiri 6 anak putri dan 10 anak putra. Hasil penelitian kemampuan berbicara anak setelah menggunakan metode bercerita dengan buku cerita bergambar pada siklus 1 sebesar 37,25% pada siklus 2 ada peningkatan 87,5%. Berdasarkan penelitian kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar. Disarankan kepada pendidik dapat menggunakan buku cerita yang warnanya menarik, gambar tidak terlalu ramai dan mudah dikenal/sering dilihat sehingga dapat meningkatkan daya imajinasi anak dalam kegiatan bercerita bergambar. Dalam pemilihan buku cerita bergambar hrus disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan kegiatan bercerita.