PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA PAMERAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MENGGAMBAR ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Fasih Subagyo
Keywords:
Metode Project Based Learning, Media Pameran, Kuasi Ekasperimen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis Kuasi Eksperimen. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, dokumen, wawancara dan tes. Rancangan penelitian ada dua kelompok sampel yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas ekspeimen menggunakan metode Project Based Learning dengan media Pameran sedang kelompok kontrol menggunakan metode Project Based Learning tanpa media Pameran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober sampai 24 Nopember 2021 dengan melakukan kegiatan proses belajar mengajar secara terbatas /PTM terbatas di kelas VIII A dan kelas VIII B semester gasal SMP Negeri 12 Surakarta. Hasil tes awal kelas kontrol memperoleh nilai rata rata 69, sedang kelas eksperimen memperoleh nilai rata–rata 68,37. Untuk hasil tes akhir pada kelas kontrol nilai rata-rata 79,63 sedang kelas eksperimen 83,34. Peningkatan hasil belajar di kelas Eksperimen adalah 14,97, sedang kelas Kontrol 10,63. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Projec Based Learning dengan media pameran dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya materi menggambar Ilustrasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30
How to Cite
SubagyoF. (2022, July 30). PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA PAMERAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MENGGAMBAR ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(7), 950-959. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5279

STATISTICS

Abstract viewed = 142 times
PDF downloaded = 128 times