PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS MELALUI ALGA MEDAIR
Alga Medair, Pembelajaran, Perpindahan Panas
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Bongas Kecamatan Watukumpul Tahun Ajaran 2021/2022 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (2) Mendeskripsikan kreativitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran materi perpindahan panas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi komparatif dimaksudkan untuk membandingkan antara nilai keadaan awal dan hasil yang dicapai dengan target capaian pembelajaran menggunakan Alga Medair. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 03 Bongas Kecamatan Watukumpul Tahun Ajaran 2021/2022 terjadi peningkatan yang signifikan. Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan Alga Medair. Keaktifan siswa dan antusias siswanya mengalami peningkatan dari yang kurang baik menjadi baik. hasil belajar siswa kelas V SD N 03 Bongas Kecamatan Watukumpul dengan nilai rata- rata kondisi awal 64,60 menjadi 71,80 pada pembelajaran pertama, Pada pembelajaran lanjutan meningkat mencapai 77,20 Adapun ketuntasan klasikal 48,00% pada kondisi awal menjadi 64,00% pada pembelajaran pertama, dan 80,00% pada pembelajaran lanjutan. Hasil tersebut di atas menunjukan bahwa pembelajaran perpindahan panas mengunakan alat peraga media air dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa.