PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PERPINDAHAN KALOR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SDN 3 WIDORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (KURIKULUM 2013)
Hasil belajar, Perpindahan kalor, Pembelajaran Inquiry Learning
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa tentang perpindahan kalor dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Learning pada siswa kelas V semester 2 SDN 3 Widoro tahun pelajaran 2019/2020. Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengarahkan kegiatan pembelajaran sehingga siswa mampu menerima pelajaran dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif penelitian tindakan kelas untuk menguraikan hasil belajar siswa tentang perpindahan kalor. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Widoro Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan hasil tes siswa. Cara menganalisis data dokumentasi (pengambilan gambar) dan observasi ketika kegiatan pembelajaran, serta catatan hasil tes siswa tentang perpindahan kalor. Hasil penelitian diperoleh data awal menunjukkan proses pembelajaran prasiklus kurang baik, pada siklus I meningkat menjadi baik, dan pada siklus II menjadi sangat baik dan lebih efektif. Hasil belajar pengetahuan (KI-3) prasiklus dari 15 siswa rata-rata 53,33, siklus I meningkat rata-rata kelas menjadi 74,00, dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 85,33. Ketuntasan kelas aspek pengetahuan ada kenaikan sebesar 73,33%. Kondisi awal KKM yang ditetapkan 70,00 hanya 3 siswa yang tuntas atau 20,00% menjadi 14 siswa atau 93,33% pada siklus II. Hasil belajar ketrampilan (KI-4) prasiklus dari 15 siswa rata-rata 57,33, siklus I meningkat rata-rata kelas menjadi 78,67, dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 84,67. Ketuntasan kelas aspek ketrampilan ada kenaikan sebesar 66,66%. Kondisi awal KKM yang ditetapkan 26,67 hanya empat siswa yang tuntas atau 26,67% menjadi 14 siswa atau 93,33% pada siklus II. Penerapan pembelajaran Inquiry Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar materi perpindahan kalor pada siswa kelas V semester 2 SDN 3 Widoro tahun pelajaran 2019/2020.