PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil belajar
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang dirasa sangat sulit bagi sebagian besar siswa. Beberapa faktor yang menjadikan mata pelajaran matematika terlihat sulit karena anggapan bahwa matematika itu pelajaran yang melulu hanya menghitung, disamping itu sebagian besar guru juga masih dominan mengunakan metode ceramah dalam pembelajarannya sehingga hasil belajar siswa tidak memenuhi target KKM. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba meningkatkan hasil belajar matematika dengan mengembangkan pembelajaran model Discovery. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui data awal, observasi, dan tes pada pelaksanaan tindakan, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil dari pengembangan model pembelajaran Discovery Learning ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh oleh 70% siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan belajar 90%. Kesimpulannya adalah hasil belajar matematika siswa dapat meningkat dengan pengembangan model pembelajaran Discovery Learning.