PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS. 1 MAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Slamet Slamet
Keywords:
Kontruktivistik, Kualitas Pembelajaran, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran berorientasi konstruktivistik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Akuntansi di MAN 1 Karanganyar. Ada 3 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu: 1) aktivitas guru dan siswa, 2) keaktifan siswa dan hasil belajar, 3) persepsi siswa. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di MAN Karanganyar. Adapun subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa komponen, yaitu tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, revisi dan kesimpulan hasil. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti merefleksi hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa di dalam kelas. Data yang berupa kata-kata atau kalimat dari catatan lapangan diolah menjadi kalimat-kalimat yang bermakna dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunujukkan: 1) Selama pelaksanaan pembelajaran berorientasi konstruktivistik, aktivitas guru lebih banyak sebagai konselor, pengkritik, dan yang memberikan pemaknaan belajar, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran ini sebagai penemu, komunikator, evaluator, sinteser. 2) Keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berorientasi konstruktivistik menujukkan hasil yang positif, terlihat dari peningkatan dari siklus I ke siklus II baik dari segi keaktifan dan hasil pembelajaran. 3) Persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran berorientasi konstruktivistik menunjukkan persepsi positif yang ditunjukkan siswa merasakan adanya rasa senang dan santai dalam mengikuti pelajaran. Pada kenyataanya ketiga hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasi, terkait sampel yang digunakan sangat terbatas. Oleh karena itu pelaksanaan penelitian dengan tema yang sama dan subyek penelitian yang berbeda sangat memungkinkan dilakukan, sebagai upaya mendukung inovasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-30
How to Cite
SlametS. (2022, April 30). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS. 1 MAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(4), 603-611. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2997

STATISTICS

Abstract viewed = 133 times
PDF downloaded = 93 times