MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BISNIS RITEL MELALUI METODE ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS XI BDP SEMESTER GENAP SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN 2018 / 2019
Prestasi belajar, Personal selling, Metode Role playing
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada kompetensi pengelolaan bisnis ritel melalui penerapan metode Role playing, (b) Untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa pada kompetensi pengelolaan bisnis ritel dengan menerapkan metode Role playing. Penelitian ini di lakukan kepada subjek siswa kelas XI BDP program keahlian Bisnis daring dan Pemasaran SMK Wikarya Karanganyar sebanyak 25 siswa, karena prestasi belajar di kelas tersebut pada kompetensi dasar sebelumnya mempunyai rata-rata kelas di bawah KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas dengan jumlah tindakan 2 siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) Planning, peneliti membuat perencanaan tindakan. (2) Acting, peneliti melaksanakan tindakan pembelajaran yang telah direncanakan. (3) Observing, di lakukan pengamataan terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat. (4) Reflecting, merefleksi diri dengan melihat data observasi, apakah kegiatan yang dilakukan telah dapat meningkatkan perhatian siswa dalam memahami kompetensi personal selling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Sumber data dari sumber data primer yaitu dari pengamatan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran siswa, diantaranya adalah: Biodata siswa, presensi siswa, hasil ulangan harian. Hasil penelitian di peroleh bahwa penerapan metode pembelajaran Role playing dapat meningkatkan keaktifan, kreatifitas dan minat siswa dalam proses pembelajaran kompetensi personal selling, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan proses pembelajaran dengan menerapkan metode Role playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.