MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BISNIS RITEL MELALUI METODE ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS XI BDP SEMESTER GENAP SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN 2018 / 2019

  • Sri Wiyani
Keywords:
Prestasi belajar, Personal selling, Metode Role playing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada kompetensi pengelolaan bisnis ritel melalui penerapan metode Role playing, (b) Untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa pada kompetensi pengelolaan bisnis ritel dengan menerapkan metode Role playing. Penelitian ini di lakukan kepada subjek siswa kelas XI BDP program keahlian Bisnis daring dan Pemasaran SMK Wikarya Karanganyar sebanyak 25 siswa, karena prestasi belajar di kelas tersebut pada kompetensi dasar sebelumnya mempunyai rata-rata kelas di bawah KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas dengan jumlah tindakan 2 siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) Planning, peneliti membuat perencanaan tindakan. (2) Acting, peneliti melaksanakan tindakan pembelajaran yang telah direncanakan. (3) Observing, di lakukan pengamataan terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat. (4) Reflecting, merefleksi diri dengan melihat data observasi, apakah kegiatan yang dilakukan telah dapat meningkatkan perhatian siswa dalam memahami kompetensi personal selling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Sumber data dari sumber data primer yaitu dari pengamatan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran siswa, diantaranya adalah: Biodata siswa, presensi siswa, hasil ulangan harian. Hasil penelitian di peroleh bahwa penerapan metode pembelajaran Role playing dapat meningkatkan keaktifan, kreatifitas dan minat siswa dalam proses pembelajaran kompetensi personal selling, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan proses pembelajaran dengan menerapkan metode Role playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-30
How to Cite
WiyaniS. (2022, April 30). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BISNIS RITEL MELALUI METODE ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS XI BDP SEMESTER GENAP SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN 2018 / 2019. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(4), 592-602. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2996

STATISTICS

Abstract viewed = 154 times
PDF downloaded = 191 times