UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL DI SMP NEGERI 1 KEMUSU SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Kompetensi Guru, Pendekatan saintifik, Supervisi individual
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah: 1. Meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kemusu pada Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. 2. Mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik bagi guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kemusu pada Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 sehingga bisa meningkatkan kompetensinya. 3. Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif guna meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik bagi guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kemusu pada Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Setting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kemusu dengan Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris, sedangkan objek penelitian berupa supervisi akademik dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Hasil penelitian: 1) Pada kondisi awal, Penilaian kemampuan guru menyusun RPP dengan rerata 78,33 atau 65,28% dan kemampuan guru melaksanakan Pembelajaran sebesar 73,41 atau 58,26%. 2) Pada Siklus I, kemampuan guru menyusun RPP skor rata-rata diperoleh sebesar 83,75 atau 69,79% dan kemampuan guru melaksanakan Pembelajaran sebesar 78,17 atau 62,04%. 3) Siklus II, Penilaian kemampuan guru menyusun RPP dengan rerata sebesar 88,33 atau 73,60% sedangkan kemampuan guru melaksanakan Pembelajaran sebesar 82,54 atau 65,51%. Keberhasilan guru dalam menyusun RPP dari kondisi awal 78,33 menjadi 88,33 dan keberhasilan guru melaksanakan pembelajaran saintifik dari kondisi awal 73,41 menjadi 82,54 pada siklus II dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan supervisi individual dapat meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Inggris dalam menyusun perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020.