PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PERPINDAHAN KALOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS 5 SEMESTER 2 SDN 2 MOJORENO SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Perpindahan Kalor dalam Kehidupan Sehari-hari pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN 2 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri, pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2020 dengan subyek siswa kelas V SD Negeri 2 Mojoreno yang terdiri dari 20 anak dengan satu rombongan belajar. Prosedur penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan Kenmis dan Taggart melalui langkah-langkah: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observasing), (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menerapkan pendekatan pembelajaran Discovery Learning dengan kelompok besar dan siklus II menerapkan pendekatan pembelajaran Discovery Learning dengan kelompok kecil dan tugas individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari kondisi awal yang rendah ke kondisi akhir yang tinggi. Proses pembelajaran meningkat dari kategori kurang baik menjadi pembelajaran yang baik. Peningkatan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan siswa melalui penerapan pendekatan Discovery Learning, pada materi Perpindahan Kalor dalam Kehidupan Sehari-hari sebesar 22,1 poin dan persentase ketuntasan nilai pengetahuan meningkat sebesar 70%. Peningkatan nilai rata-rata aspek keterampilan sebesar 22,55 poin dan persentase ketuntasan nilai keterampilan meningkat sebesar 55%.
Downloads
STATISTICS
Abstract viewed = 269 timesPDF downloaded = 367 times