PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN PMRI DI KELAS V SD WIYORO TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Model Pendidikan Matematika, Realistik Indonesia (PMRI), Prestasi Belajar
Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD wiyoro Banguntapan Bantul tahun 2020 / 2021 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jenis tindakan yang digunakan adalah pendekatan PMRI. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Maret 2021 s.d Juli 2021. Tempat penelitian di SD Wiyoro, Baturetno, Bangutapan, Bantul. Subyek penelitian adalah siswa kelas V semester 2 yang berjumlah 20 anak. Obyek penelitian adalah aktivitas dan prestasi belajar matematika materi statistika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Yang dilaksanakan dengan 2 siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penrapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat di lihat dari prosentase aktivitas diskusi pada siklus I dari 57,7% menjadi 76,2 % pada siklus II. Aktivitas mengajar guru juga mengalami kenaikan pada siklus I hanya 69,9 % pada siklus II menjadi 81,4 %. Selain itu penerapan pendekatan PMRI juga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, yang semula 65,5 % pada siklus I meningkat menjadi 74,0 % sehingga mengalami peningkatan 8,5 %.