UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN GOOGLE MEET PEMBELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ANTARIKSA DI KELAS VI A SDN SOKOWATEN BARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Siti Hanifah
Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran Blended Learning, Google Meet

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan Google Meet dan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa materi IPA bumi dan antariksa kelas VIA di SD Sokowaten Baru. Jenis metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Jenis tindakan yang digunakan adalah Model Pembelajaran Blended Learning dengan Google Meet. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Januari 2020 sampai April 2020. penelitian adalah peserta didik kelas VIA berjumlah 30 orang. Objek Penelitian adalah prestasi belajar siswa pada materi IPA. Menggunakan jenis penelitian tindakan kelas langkah-langkahnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan 2 siklus tindakan. Kesimpulannya bahwa Pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model Blended Learning dengan Google Meet dapat diterima baik oleh siswa, hal ini ditunjukkan dengan respons siswa yang baik ditunjukkan dengan terjadinya kenaikan keaktifan siswa dan perasaan senang para siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA, dan penggunaan model pembelajaran Blended Learning dengan Google Meet dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIA di SD Sokowaten Baru, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar kategori baik dan sangat baik pada siklus I jumlah 54,40% meningkat menjadi 86.70% pada siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-30
How to Cite
HanifahS. (2022, March 30). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN GOOGLE MEET PEMBELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ANTARIKSA DI KELAS VI A SDN SOKOWATEN BARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 474-484. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2984

STATISTICS

Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 161 times