MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DIKTAT MELALUI WORKSHOP DI SD NEGERI 3 KALIPETIR
Kompetensi guru, Bahan ajar diktat, Workshop
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar diktat. Hal ini terbukti dari enam guru kelas SD Negeri 3 Kalipetir, sebesar 83% belum mengembangkan bahan ajar diktat yang tersusun secara sistematis yang dapat mempermudah peserta didik dalam penguasaan materi sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar diktat melalui Workshop. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Kalipetir. Subyek penelitian enam guru kelas SD Negeri 3 Kalipetir. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kemampuan guru menyusun diktat, penyelengaraan Workshop dan aktivitas peserta Workshop. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian diktat, penilaian penyelenggaraan Workshop dan penilaian aktivitas peserta Workshop. Istrumen yang digunakan adalah istrumen kemampuan guru menyusun diktat, instrumen observasi penyelengaraan Workshop dan instrumen observasi aktivitas Workshop, Analisis data yakni analisis kemampuan guru menyusun diktat, analisis penyelenggaraan Workshop, analisis aktivitas peserta Workshop yang semuanya dianalisis dengan nilai perolehan dibagi nilai maksimal dikali 100 kemudian dikonversikan dengan kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Workshop dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar diktat. Hal ini dibuktikan dengan nilai kemampuan guru menyusun diktat meningkat dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I, 17% mendapat nilai diatas 80 dengan kategori baik dan 83% mendapat nilai kurang 81 dengan kategori cukup, rata-rata nilai 76,58 kategori cukup. Pada siklus II, 83% mendapat nilai diatas 80 dengan kategori baik dan 17 % mendapat nilai kurang 81 dengan kategori cukup, nilai rata rata 82,08 kategori baik. Langkah-langkah kegiatan Workshop berdampak meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar diktat.