PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Resitasi, Pemahaman Siswa, Matematika
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satu alasan mengapa matematika dipelajari adalah karena berguna, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun sebagai bahasa dan alat dalam perkembangan sains dan tehnologi. Oleh sebab itu, matematika sering di terapkan atau digunakan dalam berbagai bidang usaha seperti perdangangan, perkantoran, pertanian, pendidikan dan lainnya. Matematika memuat suatu kumpulan konsep dan operasi-operasi, tetapi di dalam pembelajaran matematika pemahaman siswa mengenai hal-hal tersebut lebih objektif dibanding mengembangkan kekuatannya dalam perhitungan-perhitungannya. Dengan adanya pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan tatap muka (luar jaringan) diubah menjadi pembelajaran jarak jauh (dalam jaringan). Hal ini membuat para guru dan siswa mengalami banyak hambatan dan kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh juga mengakibatkan materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa kurang maksimal. Namun, pada bulan September pembelajaran yang awalnya dilakukan jarak jauh, kembali dilaksanakan tatap muka secara bertahap. Hal ini membuat guru dapat berinteraksi langsung dengan siswa di kelas. Pembelajaran menggunakan metode resitasi merupakan pengalaman terbaik (best practice) penulis dalam memberikan layanan pendidikan terhadap peserta didik kelas VIII F di SMP Negeri 2 Tuntang. Penerapan metode resitasi bertujuan agar siswa kelas VIII F dapat memahami materi dengan baik. Proses dan hasil pembelajaran secara umum baik. Penulisan best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII F di SMP Neger 2 Tuntang.