PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MATERI PELAJARAN PENATAAN PRODUK PADA SISWA KELAS XI BDP 1 SMK NEGERI 1 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Tutor Sebaya, Motivasi, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar penataan produk pada siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini berupa hasil observasi dan hasil belajar siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 1 Cilacap yang terdiri dari 36 siswa. Model skema yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan McTaggart di mana proses penelitian tindakan merupakan proses daur ulang atau siklus. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar penataan barang dagang pada peserta didik kelas XI BDP 1 SMK Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal tersebut ditunjukan dengan kenaikan pada motivasi pendidik dan hasil belajar siswa pada setiap siklusya.