WORKSHOP PTK MENAMBAH PROSENTASE JUMLAH GURU DALAM MENYUSUN KARYA ILMIAH

Authors

  • Sudamar Sudamar

Keywords:

Menyusun Karya Ilmiah, Workshop, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan best practice ini adalah meningkatkan prosentase guru dalam menyusun karya ilmiah di SMP Negeri 3 Kokap dan mendeskripsikan workshop penelitian tindakan kelas. Best practice ini dilakukan dengan cara workshop penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) dan secara luar jaringan (luring). Hasil tindakan ini menunjukkan, bahwa telah dilakukan tindakan berupa pelaksanaan workshop penelitian tindakan kelas dengan perolehan nilai 89,09 % dengan kategori Baik. Prosentase guru dalam menyusun karya ilmiah dalam bentuk karya ilmiah penelitian meningkat dari 0 % menjadi 83 %. Berdasarkan uraian singkat di atas, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Workshop penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan prosentase guru dalam menyusun karya ilmiah. (2) Workshop penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan prosentase guru dalam menyusun karya ilmiah melalui tahap-tahap; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

WORKSHOP PTK MENAMBAH PROSENTASE JUMLAH GURU DALAM MENYUSUN KARYA ILMIAH. (2022). Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 377-383. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2975