UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN MEMBACA DAN MENULIS PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK KANAK TUNGGULREJO 03 KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Permainan, Membaca Menulis, Kemampuan Bahasa
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Apakah Upaya meningkatkan perkembangan Bahasa dapat dilakukan Melalui Penerapan Permainan Membaca dan Menulis pada anak Kelompok B TK Tunggulrejo 03 Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan perkembangan bahasa melalui permainan membaca dan menulis Pada Anak Kelompok B TK Tunggulrejo 03 Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode siklus. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Tunggulrejo 03 Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 18 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik non statistik yaitu dengan trianggulasi data. Hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan perkembangan Bahasa anak dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) nilai awal secara klasikal kemampuan perkembangan Bahasa rata-rata 50 pada siklus I nilai kemampuan perkembangan Bahasa secara klasikal rata-rata 61 dan siklus II nilai kemampuan perkembangan Bahasa secara klasikal rata-rata 78 dan siklus III nilai kemampuan perkembangan Bahasa secara klasikal rata rata 89. 2) Melalui Penerapan Permainan Membaca dan Menulis dapat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B TK Tunggulrejo 03 Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah bahwa penelitian ini dapat diterima kebenarannya, karena dari setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan yang signifikan.