MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA GURU PADA SEMESTER I TAHUN AJARAN 2021/2022 DI SD NEGERI TOTOGAN
Penilaian kinerja guru, Mutu pendidik, Pembelajaran daring, Tatap muka terbatas
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidik dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi covid-19 menggunakan penilaian kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Totogan Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Provinsi Jawa Tengah Semester I Tahun Ajaran 2021/2022 selama 4 bulan, yaitu pada bulan Agustus sampai November 2021. Sumber data berasal dari: (1) Lembar penilaian kinerja guru, (2) Lembar pengamatan mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring dan tatap muka terbatas, (3) Panduan wawancara, dan (4) Catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif, yaitu dengan membandingkan hasil pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil pengamatan yang dilakukan penilaian kinerja guru mengalami peningkatan, pra siklus 46,03, meningkat pada siklus I pertemuan 1 menjadi 55,16 meningkat lagi pada siklus I pertemuan 2 menjadi 72,22. Hasil yang diperoleh pada siklus I belum mencapai indikator diharapkan, sehingga perlu dilanjutkan di siklus II, dengan hasil pada pertemuan 1 81,75 dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 96,03. Hal ini tentu berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidik yang juga mengalami peningkatan, yaitu pada kondisi pra siklus dari 9 orang guru semuanya memperoleh hasil dibawah 50 dengan kategori rendah dengan nilai rata-rata perolehan 47,17 pada. Hasil pengamatan yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada tiap pertemuan, yaitu pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata mencapai 53,13 meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 62,15. Selanjutnya dilakukan lagi pengamatan pada siklus II yang menunjukkan hasil siklus II pertemuan 1 adalah 76,50 dan siklus II pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 89,29. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja guru dapat memotivasi guru sehingga dapat meningkatkan mutu pendidik dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi covid-19.