PENGGUNAAN MODEL PROBASLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BASIS DATA DENGAN MATERI ANALISIS OBYEK APLIKASI DBMS SISWA KELAS XI RPL 3 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARN 2018/2019 DI SMK NEGERI 1 TENGARAN
Hasil belajar, Basis data, Model Probasle
Abstract
Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar (aspek pengetahuan dan aktivitas) peserta didik XI RPL 3 SMK N 1 Tengaran semester 2 tahun 2018/2019 setelah probasle (Problem Based Learning) diterapkan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pada 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan probasle pada materi Objek Aplikasi DBMS dapat meningkat capaian hasil belajar dengan rata-rata 62,8, daya serap 32% dan ketuntasan 10 siswa pada pra tindakan. Untuk siklus Ididapat rata-rata 73,2 dengan daya serap 45% dan ketuntasan sejumlah 14 siswa. Sementara pada siklus II didapat hasil belajar rata-rata 80 dendan daya serap 87% dan ketuntaan 27 siswa. Aktifitas belajar diperoleh 40% pra siklus, 54% siklus I dan 81% siklus II.