MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI TEKNIK KELOMPOK PADA GURU SD NEGERI 3 PENGASIH SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2021/2022
Kemampuan guru, RPP, Supervisi teknik kelompok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP melalui supervisi teknik kelompok di SD Negeri 3 Pengasih. Latar belakang penulisan PTS ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam membuat perangkat pembelajaran, khususnya dalam menyusun RPP, kurang mendapat pelatihan tentang penyusunan RPP dan kurangnya pengawasan dari kepala sekolah, serta mudahnya akses ke internet untuk menduplikasi RPP yang telah ada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Jenis Tindakan yang digunakan adalah pelatihan dengan supervisi teknik kelompok. Waktu penelitian mulai tanggal 17 Februari sampai dengan 9 Mret 2022. Subjek penelitian adalah guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 3 Pengasih.objek penelitian adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Langkah-langkah dilaksanakan 2 siklus tindakan. Setiap siklus tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi teknik kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru membuat RPP pada guru-guru di SD Negeri 3 Pengasih. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan kemampuan guru dalam membuat RPP pada Siklus I dengan persentase sebesar 69,25%, meningkat pada Siklus 2 menjadi 89,56% dan melampaui indikator keberhasilan penelitian sebesa 85%. Saran: Untuk penyelenggaraan supervisi, penyelenggaraan supervisi harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar guru dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliknya; Bagi peneliti lain, penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam penelitian selanjutnya dalam cakupan sekolah yang lebih luas; Bagi pendidikan, penelitian ini bisa menjadi referensi ilmu pengetahun.