UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MATERI الحضارة الإسلامية PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN
Pembelajaran bahasa arab, Metode tanya jawab, Prestasi belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi Jam bagi siswa kelas XII IPA 1 semester 1 di MAN 2 Karanganyar dengan penggunaan metode Tanya jawab pada pembelajaran. strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XII IPA 1 semester 1 sedang objeknya adalah pembelajaran materi الحضارة الإسلامية pada mata pelajaran Bahasa Arab yang diajarkan dengan cara Tanya jawab dan mengaktifkan siswa dalam kelompok. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi الحضارة الإسلامية yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat menjadi 56% dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelas dan dengan tehnik pembelajaran Tanya jawab.