PENINGKATAN KETRAMPILAN MENGGAMBAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MATERI MENGGAMBAR SEGI N DENGAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW SISWA KELAS X BKPA SEMESTER 2 SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Diah Muchamad Dina
Keywords:
Ketrampilan menggambar, Gambar teknik, Model Kooperatif Jigsaw

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bahwa dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat untuk meningkatkan ketrampilan siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik materi Menggambar segi n bagi siswa kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti A SMK Negeri 2 Salatiga pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. (2) Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas agar lebih menarik dan variatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 (dua) siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan tindakan (Acting), (3) Pengamatan (Observasing), dan (4) Refleksi (Reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada Program Studi Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti, Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) , Kelas X BKP A SMK Negeri 2 Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tindakan yang dilakukan pada pelajaran Gambar Teknik tentang Peningkatan Kerampilan Siswa dengan cara model kooperatif jigsaw dapat disimpulkan bahwa: Model kooperatif jigsaw Dapat Meningkatkan Ketrampilan Menggambar Materi Menggambar Segi n Siswa Kelas X BKP A SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-25
How to Cite
DinaD. (2022, June 25). PENINGKATAN KETRAMPILAN MENGGAMBAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MATERI MENGGAMBAR SEGI N DENGAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW SISWA KELAS X BKPA SEMESTER 2 SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(5), 656-664. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2956

STATISTICS

Abstract viewed = 80 times
PDF downloaded = 74 times