PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENING RATA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 GUMELEM WETAN

  • Sarno Sarno

Abstract

Prestasi belajar IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Gumelem Wetan pada materi keragaman masih ada 50% yang nilai ulangan hariannya belum mencapai batas tuntas. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV materi keragaman sebagaimana ditunjukan dengan indikator: (1) sekurang-kurangnya 70% peserta didik mendapat nilai ulangan harian minimal 70 untuk materi keragaman pada semester 1 tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Penguasaan terhadap materi pelajaran di atas 70%. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Teknis tes tersebut digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes prestasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kooperatif tipe kerja sama dalam kelompok berbantuan piramida cerita (pening rata). Metode ini dapat membentuk pengetahuannya sendiri dengan cara mendengar, melihat dan melaksanakan sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis tes prestasi belajar IPS, diperoleh rerata 75 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 dengan ketuntasan belajar mencapai 80 %. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangan wawasan bagi guru untuk dapat menerapkan metode yang inovatif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-30
How to Cite
SarnoS. (2022, May 30). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENING RATA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 GUMELEM WETAN. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(5), 647-655. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2955

STATISTICS

Abstract viewed = 384 times
PDF downloaded = 182 times