PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENGHITUNG FPB DAN KPK DUA BILANGAN DI KELAS IV SDN 02 SURU KECAMATAN BANTARBOLANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Uswatun Khasanah
Keywords:
Metode TSTS, Keterampilan siswa, FPB dan KPK, Bilangan

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan keterampilan siswa menghitung FPB dan KPK dari dua bilangan di kelas IV SDN 02 Suru. (2) Menganalisa dampak pelaksanaan metode TSTS dalam pembelajaran menghitung FPB dan KPK dari dua bilangan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 02 Suru. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan di dalam kelas (Classroom Action Research) yang digunakan dalam upaya memperbaiki hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika di kelas IV semester 1 SDN 02 Suru. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara “Pola Pengkajian Berdaur (Siklus)”. Langkah ini berlangsung berulang yang terdiri dari: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menghasilkan peningkatan pada data kualitatif dan data kuantitatif hasil belajar. (1) Data kualitatif hasil observasi meningkat yaitu dari 65 % pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. (2) Data Kuantitatif hasil tes formatif meningkat yaitu dari 60,25 pada sebelum perbaikan pembelajaran menjadi 71,89 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,11 pada perbaikan siklus II. (3) Naiknya hasil belajar tersebut dipicu oleh pelaksanaan aspek-aspek yang sesuai dengan fokus perbaikan, yaitu: Penggunaan metode diskusi model TSTS yang dapat meningkatkan aktifitas dan kreatifitas belajar peserta didik karena pembelajaran menjadi menyenangkan; Penggunaan model TSTS dapat meningkatkan keterampilan siswa pada konsep FPB dan KPK yang berkaitan dengan ranah kognitif; Penggunaan model TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga hasil evaluasi pembelajaran meningkat. (3) Perbaikan pembelajaran ternyata sangat penting dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
KhasanahU. (2022, February 27). PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENGHITUNG FPB DAN KPK DUA BILANGAN DI KELAS IV SDN 02 SURU KECAMATAN BANTARBOLANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 321-330. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2589

STATISTICS

Abstract viewed = 143 times
PDF downloaded = 80 times