PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR LKPD MELALUI IN HOUSE TRAINING BAGI GURU DI SD NEGERI 2 JONGGRANGAN TAHUN 2021
Kompetensi guru, Bahan ajar, LKPD, In House Training
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan In House Training (IHT) terhadap kompetensi guru SD Negeri 2 Jonggrangan dalam penyusunan bahan ajar LKPD. Penelitian ini dilakukan karena ingin membuktikan adanya pengaruh kegiatan IHT terhadap kompetensi guru dalam penyusunan bahan ajar LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (school action research) yang dikenal dengan PTS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan IHT memberikan pengaruh terhadap kompetensi guru SD Negeri 2 Jonggrangan. Data ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan rata-rata ketercapaian sebelum dilaksanakan kegiatan IHT adalah sebanyak 42,19% terdapat pada siklus I pertemuan pertama. Setelah dilaksanakan kegiatan IHT guru SD Negeri 2 Jonggrangan telah mendapatkan wawasan baru dalam penyusunan bahan ajar sehingga hasil angket menunjukkan peningkatan yakni sebesar 63,43%. Sedangkan dari siklus II mendapatkan rata-rata ketercapaian sebesar 80,31% pada pertemuan pertama dan 86,87% pada pertemuan kedua, hal ini telah terjadi peningkatan yang signifikan. Yang berarti bahwa dengan adanya pelaksanaan kegiatan IHT dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun bahan ajar LKPD.