MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK INDIVIDUAL TEKNIK KUNJUNGAN KELAS DI SD POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Supervisi akademik individual, Teknik kunjungan kelas, Kemampuan guru, Model Role playing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Role Playing melalui supervisi akademik individual teknik kunjungan kelas di SD Potorono Banguntapan Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah melalui supervisi akademik individual teknik kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru kelas di SD Potorono Banguntapan Bantul pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan dengan guru secara kelompok dan individu juga dalam pembelajaran di kelas. Sasaran penelitian ini adalah 6 guru kelas dan 1 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Potorono Banguntapan Bantul yang berjumlah 7 guru. PTS ini dilaksanakan meliputi; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dengan guru (Pra-Siklus), Pengamatan menggunakan instrumen supervisi (RPP dan Pembelajaran) pada siklus 1 dan 2. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik individual kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Role playing. Dari data hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa 71 % guru memperoleh nilai kategori amat baik, 29 % memperoleh nilai kategori baik.