UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS I DI SD GUNUNGDANI PENGASIH

  • Supriyati Supriyati
Keywords:
Ketrampilan membaca, Membaca permulaan, Metode permainan

Abstract

Sistem Pendidikan Nasional telah membawa dampak positif bagi pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini mencerminkan dengan diangkatnya membaca, menulis, dan berhitung sebagai kemampuan dasar berbahasa yang secara dini dan berkesinambungan menjadi perhatian dan kegiatan di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah dari kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode permainan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yaitu siswa kelas I di SDN Gunungdani. Pengumpulan data melalui observasi, penilaian hasil membaca belum memenuhi KKM. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kemampuan dalam membaca melalui metode permainan SD Negeri Gunungdani, Pengasih, Kulon Progo tahun 2021 yang ditandai dengan rerata nilai kemampuan dalam membaca pada siklus I sebesar 67 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 80. Penggunaan metode permainan untuk peningkatan kemampuan siswa dalam membaca di SD Negeri Gunungdani. Pelaksanaan kegiatan dari siklus I dan siklus II dilaksanakan dengan menyiapkan alat peraga, nara sumber menyampaikan materi pembelajaran, siswa memperhatikan video pembelajaran, dan siswa membaca materi pembelajaran. Jika dilihat dari rerata pelaksanaan membaca terlihat pada siklus I mencapai rerata 67 dan pada siklus II meningkat mencapai rerata 80.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
SupriyatiS. (2022, February 27). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS I DI SD GUNUNGDANI PENGASIH. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 270-279. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2585

STATISTICS

Abstract viewed = 409 times
PDF downloaded = 289 times