MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RPP HOTS MELALUI SUPERVISI TEKNIK KELOMPOK KOLABORASI DI SD NEGERI MEJING TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Hayati Hayati
  • Hayati Hayati
Keywords:
Kompetensi Guru, RPP HOTS, Supervisi, Kolaborasi

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Kurikulum 2013 yang mengharuskan pembelajaran di kelas menggunakan pendekatan Scientific (observing, questioning, reasoning, experimenting, communicating) dan pembelajaran yang mengedepankan kecakapan hidup abad 21 sehingga perlu perencanaan yang sesuai yaitu dengan menyusun RPP HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri Mejing dalam menyusun RPP HOTS melalui supervisi kelompok kolaboratif. (2) Mendeskripsikan supervisi kelompok kolaboratif yang dapat meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri Mejing dalam menyusun RPP HOTS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan selama tiga bulan yaitu pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Sumber data penelitian diperoleh dari guru berjumlah 5 (lima) orang di SD Negeri Mejing. Observasi data dilaksanakan terhadap RPP HOTS, pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan RPP HOTS dan observasi pelaksanaan kegiatan supervisi serta wawancara. Cara menganalisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Supervisi Teknik Kelompok Kolaborasi mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP HOTS di SD Negeri Mejing. Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP HOTS meningkat dari pra siklus yang nilai rata-ratanya 62,6 ke siklus I yang nilai rata-ratanya 83, sehingga ada peningkatan sebesar 20,4. Peningkatan dari siklus I (83) ke Siklus II (87) adalah sebesar 4,2. Pada siklus I rata- rata nilai Pelaksanaan Pembelajaran adalah 75,5 dan pada siklus II 83, jadi ada peningkatan sebesar 7,4. Guru merasa terbantu dengan adanya Supervisi teknik kelompok Kolaborasi karena dapat meningkatkan kompetensinya dalam menyusun RPP HOTS maupun dalam pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
HayatiH., & HayatiH. (2022, February 27). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RPP HOTS MELALUI SUPERVISI TEKNIK KELOMPOK KOLABORASI DI SD NEGERI MEJING TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 233-245. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2582

STATISTICS

Abstract viewed = 113 times
PDF downloaded = 81 times