PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “DIPCI” DISKUSI DENGAN PERMAINAN KATA KUNCI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DAULAH ABBASIYAH DENGAN SUBJEK PENELITIAN KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 3 PURWOREJO

  • Siti Halimatus Sa’diyah
Keywords:
Hasil Belajar, Daulah Abbasiyah, DIPCI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses Pembelajaran “DIPCI” Diskusi Dengan Permainan Kata Kunci. (2) Mendeskripsikan seberapa seberapa besar peningkatan hasil belajar Daulah Abbasiyah. (3) Mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran “DIPCI” Diskusi Dengan Permainan Kata Kunci. (4) Mendeskripsikan tanggapan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran “DIPCI” Diskusi Dengan Permainan Kata Kunci. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2020 di SMP Negeri 3 Purworejo. Subyek penelitiannya adalah kelas VIIIA SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu menentukan perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan hasil tindakan dan melakukan hasil refleksi dari hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kenaikan rata-rata siklus 1 terhadap siklus 2, dari 73,90 menjadi 84,35. Dari siklus 1 terdapat kenaikan prosentase tuntas belajar dari 30,76% menjadi 88,46%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran DIPCI” Diskusi Dengan Permainan Kata Kunci dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
Sa’diyahS. (2022, February 27). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “DIPCI” DISKUSI DENGAN PERMAINAN KATA KUNCI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DAULAH ABBASIYAH DENGAN SUBJEK PENELITIAN KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 3 PURWOREJO. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 221-232. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2581

STATISTICS

Abstract viewed = 211 times
PDF downloaded = 88 times