UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENYEDERHANAKAN DAN MENGURUTKAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SDN 1 PLOSO KECAMATAN PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Model pembelajaran STAD, Minat siswa, Hasil belajar siswa
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Untuk menjelaskan penggunaan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan minat menyederhanakan dan mengurutkan Pecahan Menggunakan Model STAD Pada Siswa Kelas VI Semester II SDN I Ploso Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. 2). Untuk menjelaskan penggunaan model STAD dalam meningkatkan hasil belajar Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Menggunakan Model STAD Pada Siswa Kelas VI Semester II SDN I Ploso Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes hasil belajar Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SD Negeri 1 Ploso tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 42.62%. 2) Penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan, sebesar 43,86%. 3) Penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa menulis Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Menggunakan kelas III semester II SDN I Ploso Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 26,93%