PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI MASYARAKAT MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “PROJECT BASED LEARNING” BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS.2 SMA NEGERI MOJOGEDANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Kreativitas, Hasil Belajar, Project Based Learning, Sosiologi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kreativitas belajar dan hasil prestasi belajar Sosiologi Bagi Peserta didik Kelas XI IPS.2 SMA Negeri Mojogedang Pada Semester 2 Tahun 2019/2020 pada materi Masyarakat Multikultural Melalui Model Pembelajaran “Project Based Learning”. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS. 2 SMA Negeri Mojogedang, sebanyak 29 Siswa pada Semester 2 Tahun 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumen hasil pengamatan terhadap indikator Kreativitas belajar dan dokumen nilai ulangan harian sebagai prestasi kognitif. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui 2 siklus dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran “Project Based Learning” dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi materi Masyarakat Multikultural pada peserta didik kelas XI. IPS, 2 SMA Negeri Mojogedang, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2019 / 2020 dari kondisi awal Kreativitas sedang dan rata-rata prestasinya 56 ke kondisi akhir Kreativitas tinggi dan rata-rata prestasi belajarnya 77, meningkat 35,71 %.