PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI MASYARAKAT MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “PROJECT BASED LEARNING” BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS.2 SMA NEGERI MOJOGEDANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Darmawanti Darmawanti

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kreativitas belajar dan hasil prestasi belajar Sosiologi Bagi Peserta didik Kelas XI IPS.2 SMA Negeri Mojogedang Pada Semester 2 Tahun 2019/2020 pada materi Masyarakat Multikultural Melalui Model Pembelajaran “Project Based Learning”. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS. 2 SMA Negeri Mojogedang, sebanyak 29 Siswa pada Semester 2 Tahun 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumen hasil pengamatan terhadap indikator Kreativitas belajar dan dokumen nilai ulangan harian sebagai prestasi kognitif. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui 2 siklus dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran “Project Based Learning” dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi materi Masyarakat Multikultural pada peserta didik kelas XI. IPS, 2 SMA Negeri Mojogedang, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2019 / 2020 dari kondisi awal Kreativitas sedang dan rata-rata prestasinya 56 ke kondisi akhir Kreativitas tinggi dan rata-rata prestasi belajarnya 77, meningkat 35,71 %.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-02-27