PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI MASYARAKAT MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “PROJECT BASED LEARNING” BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS.2 SMA NEGERI MOJOGEDANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Darmawanti Darmawanti
Keywords:
Kreativitas, Hasil Belajar, Project Based Learning, Sosiologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kreativitas belajar dan hasil prestasi belajar Sosiologi Bagi Peserta didik Kelas XI IPS.2 SMA Negeri Mojogedang Pada Semester 2 Tahun 2019/2020 pada materi Masyarakat Multikultural Melalui Model Pembelajaran “Project Based Learning”. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS. 2 SMA Negeri Mojogedang, sebanyak 29 Siswa pada Semester 2 Tahun 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumen hasil pengamatan terhadap indikator Kreativitas belajar dan dokumen nilai ulangan harian sebagai prestasi kognitif. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui 2 siklus dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran “Project Based Learning” dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi materi Masyarakat Multikultural pada peserta didik kelas XI. IPS, 2 SMA Negeri Mojogedang, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2019 / 2020 dari kondisi awal Kreativitas sedang dan rata-rata prestasinya 56 ke kondisi akhir Kreativitas tinggi dan rata-rata prestasi belajarnya 77, meningkat 35,71 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
DarmawantiD. (2022, February 27). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI MASYARAKAT MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “PROJECT BASED LEARNING” BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS.2 SMA NEGERI MOJOGEDANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 149-163. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2571

STATISTICS

Abstract viewed = 167 times
PDF downloaded = 122 times