UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALIKAJAR WONOSOBO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Hasil belajar, Matematika, Model STAD, Volume Bangun Ruang
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran matematika Semester II tahun pelajaran 2018/2019 tentang Volume Bangun Ruang. Sehingga nantinya siswa memiliki kemampuan dalam mengerjakan soal. Adapun penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Kalikajar Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Waktu penelitian dari awal hingga selesai penyusunan laporan selama 4 bulan, pada Semester II tahun pelajaran 2018/2019 dimulai pada bulan Januari. Sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalikajar dengan jumlah 12 siswa. Untuk mengumpulkan data hasil belajar yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan instrumen test tertulis, sedangkan untuk mengumpulkan data tentang keaktifan siswa, peneliti menggunakan instrumen non test yaitu dengan mengisi lembar pengamatan. Prosedur tindakan dalam penelitian ini direncanakan 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan, dan tiap pertemuan berdurasi 2 x 35 menit (2 jam pelajaran). Prosedur yang dilakukan peneliti antara lain: sebelum pembelajaran dimulai peneliti menyusun perencanaan setelah rencana disusun peneliti melakukan tindakan, pengamatan, di akhir pembelajaran diadakan evaluasi untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan setelah pembelajaran selesai peneliti melakukan refleksi hasil pembelajaran yang baru saja selesai dilaksanakan dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Matematika. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas hanya 33% dengan rata-rata 59,17. Pada siklus I meningkat menjadi 75% dengan rata-rata 73,33. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu 100% dengan rata-rata 86,67. Melihat data yang diperoleh pada tindakan siklus II peneliti menyimpulkan bahwa “Model STAD” dapat meningkatkan hasil belajar siswa.